Siap Tampung Mahasiswa, Pembangunan Gedung Baru UT Surabaya Capai 60%

Sebagai Ibukota Provinsi Jawa Timur, jumlah penduduk Kota Surabaya dalam data BPS tahun 2022 sebanyak 2,88 juta jiwa dan memiliki laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,45 persen. Hal tersebut menjadikan Surabaya kota terbesar ke-2 setelah DKI Jakarta. Jumlah mahasiswa di UT Surabaya juga berbanding lurus dengan data tersebut sebagai salah satu PTN yang dapat meningkatkan kompetensi tanpa keterbatasan.

 

Seiring bertambahnya jumlah mahasiswa, kantor UT Surabaya akan berpindah ke tempat yang lebih besar di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno, Kali Rungkut, Kec. Rungkut, Surabaya, Jawa Timur 60293. Kecamatan Rungkut sendiri memiliki kawasan industri terbesar di Jawa Timur, tempat wisata mangrove, dan wisata kuliner andalan Jawa Timur. Kantor UT yang baru ini dapat juga mewadahi kebutuhan masyarakat di area sekitar dalam mengeyam pendidikan tinggi.

Di gedung baru nanti terdapat berbagai macam fasilitas yang dapat meningkatkan kegiatan belajar mengajar seperti ruang pelayanan mahasiswa, ruang baca, ruang registrasi ujian, ruang bahan ajar, ruang kepegawaian, ruang SUO, ruang multimedia, dan ruang tutorial. Terdapat lift dan ramp yang ramah disabilitas dapat menunjang kegiatan di aula besar lantai 4 dengan kapasitas mencapai 1000 orang. Area ruang luar juga sedang dibangun taman pintar, kantin, dan mushola untuk menunjang kegiatan mahasiswa.

Wakil Rektor UT menugaskan Kantor Pengawas Internal untuk mendampingi tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bangunan UT dalam melakukan pemantauan pembangunan gedung dan utilitas agar dapat selesai dengan tepat waktu, tepat waktu, dan tepat kualtas. Kegiatan di lapangan diawali dengan inspeksi lapangan yang dilanjutkan rapat progress bersama untuk mengetahui perkembangan dan issue dalam pembangunan gedung baru UT Surabaya yang sudah mencapai 60% ini per Januari 2024.

 

 

Penulis                   : Aisyah Nabilah Andinnari, S.Ars.

Penyunting            : Bahir Mukhammad, S.H.

Aisyah Nabilah Andinnari

Auditor pada Kantor Pengawas Internal