Semerbak UT Malang Di Kota Bunga, KPI Kawal UT Malang Melalui Audit Operasional Sebagai Evaluasi

Kota Malang merupakan kota pariwisata karena alamnya yang menawan yang dikelilingi oleh pegunungan dan udaranya yang cenderung sejuk. Malang juga terkenal sebagai kota bunga karena banyaknya bunga yang menghiasi kota. Univeritas Terbuka (UT) Malang menjadi salah satu bagian dari kantor layanan yang dimiliki Universitas Terbuka (berjumlah 39 kantor yang tersebar seluruh indonesia dan satu unit pelayanan luar negeri). UT Malang memberikan semerbak kemajuan pendidikan di kota bunga Malang. UT Malang hadir ditengah-tengah gempuran banyaknya perguruan tinggi seperti Universitas BrawijayaUniversitas Negeri MalangUIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Politeknik Negeri Malang. Walaupun ditengah gempuran banyaknya perguruan tinggi di Kota Malang, UT Malang menempati urutan ke 9 dari 39 UT daerah dengan jumlah mahasiswa terbanyak, yaitu sebanyak 20.620 mahasiswa (sumber data berdasarkan https://registrasi.ut.ac.id/). Besarnya jumlah mahasiswa UT Malang menunjukkan pendidikan jarak jauh yang dikelola UT tersosialisasikan dengan baik di wilayah kerja UT Malang. 

UT hadir untuk memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat. UT secara konsisten dan konstruktif terus berupaya dan menunjukkan komitmen untuk menjadi yang terbaik dalam memberikan layanan pendidikan melalui sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ), yang disesuaikan dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi.

UT Malang selalu berbenah dalam memberikan layanan kepada mahasiswa UT, kegiatan operasional UT Malang di kawal KPI sebagai bahan evaluasi untuk memastikan kelancaran kegiatan operasional yang mengadopsi konsep value for money (economy, efficiency and effectiveness) dan juga memberikan pendidikan tinggi yang berkualitas, Kantor Pengawas Internal (KPI) memiliki peran sebagai katalisator dan konsultan dengan memberikan assurance dan nilai tambah untuk perbaikan yang berkelanjutan.

Pelaksanaan fungsi katalisator dan konsultan KPI UT dilakukan melalui audit operasional di UT Malang selama 4 hari pada tanggal  4 Maret 2024 – 7 Maret 2024. Tujuan dilakukannya audit operasional yaitu untuk memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan UT Malang dalam bidang keuangan, SDM, aset, serta sarana dan prasarana telah sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. Pelaksanaan audit diawali dengan cash count, observasi, peninjauan lapangan dan mencocokkan dokumen yang sudah di cek pada saat desk audit. UT Malang kooperatif dalam menyediakan kebutuhan auditor termasuk dalam persiapan dokumen-dokumen pendukung. Kegiatan audit operasional diakhiri dengan disetujuinya dokumen Berita Acara Kesepakatan oleh auditi dan foto bersama tim Auditor serta staff UT Malang.

 

Penulis             : Inka Gustiana, S.E

Penyunting      : Bahir Mukhammad, S.H

Admin KPI

Pengelola Website Kantor Pengawas Internal