Evaluasi Tata Kelola Yang Lebih Baik, KPI Lakukan Audit Operasional Universitas Terbuka Jember

Tangerang Selatan, 29 April 2024 – Universitas Terbuka (UT) Jember yang merupakan bagian dari 39 UT Daerah telah selesai diaudit oleh Kantor Pengawas Internal (KPI) Universitas Terbuka. Kegiatan audit operasional yang dilakukan guna menyoroti berbagai langkah pembenahan dalam proses administratif guna meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kepada mahasiswa. Tata kelola yang sebelumnya sudah baik akan terus ditingkatkan demi pelayanan maksimal kepada mahasiswa UT. Peningkatan tata kelola UT Jember dilakukan dengan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan oleh UT Jember. Evaluasi pekerjaan dilakukan dengan koordinasi bersama dengan KPI yang memiliki fungsi pengawasan dan berperan sebagai strategic partners untuk seluruh Universitas Terbuka di Indonesia. Koordinasi tersebut dilakukan melalui audit operasional pada aspek tata kelola UT Jember.


Kegiatan audit operasional dilakukan pada tanggal 22 April – 26 April 2024. Pelaksanaan kegiatan audit operasional diawali dengan entry meeting yang dipimpin oleh Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd. selaku Direktur UT Jember. Pembukaan rapat audit operasional tersebut dihadiri juga oleh para pejabat dan pegawai UT Jember.


Pelaksanaan audit dilakukan selama 5 (lima) hari yaitu pada tanggal 22 April – 26 April 2024. Aspek yang diaudit yaitu keuangan, SDM, sosprom dan kerjasama,  aset, serta sarana dan prasarana.  Adapun kegiatan yang dilakukan selama pelaksanaan audit meliputi, penelahaan bukti-bukti, penelahaan dokumen, melakukan observasi, dan wawancara terhadap penanggungjawab masing-masing tugas dan kegiatan serta melakukan pengisian Kertas Data Audit (KDA) berupa temuan-temuan pada aplikasi SIAIS.


Auditi bersikap sangat kooperatif dalam menyediakan kebutuhan auditor termasuk dalam persiapan dokumen-dokumen pendukung. Jumat 26 Februari 2024 telah dilangsungkan closing meeting audit operasional di UT Jember. Kegiatan audit operasional diakhiri dengan disetujuinya dokumen Berita Acara Kesepakatan oleh auditi dan foto bersama tim Auditor dan staf UT Yogyakarta.


Penulis                 : Angga Romadhani, S.E.

Penyunting         : Bahir Mukhammad, S.H.

Angga Romadhani

Auditor pada Kantor Pengawas Internal