Peningkatan Kualitas Pendidikan Kalimantan Barat, UT Pontianak Gandeng KPI Lakukan Audit Operasional

Indonesia identik dengan negara yang juga dilalui oleh garis khayal yang membagi bumi menjadi belahan utara dan belahan Selatan atau biasa disebut garis khatulistiwa (equator). Salah kota besar yang dilintasi garis khatuliswa ini adalah Kota Pontianak yang merupakan Ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Letak geografis Kalimantan Barat yang memiliki banyak sungai menjadikan akses antar daerah masih sulit dijangkau. UT Pontianak menjadi salah satu pilihan PTN di Provinsi Kalimantan Barat yang dapat menjangkau mahasiswanya sampai ke pelosok.


UT Pontianak terletak di Jl. Karya Bhakti, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121 yang merupakan daerah pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah mahasiswa aktif di UT Pontianak mencapai 15.631. Demi tercapainya target pendidikan berkualitas di Kalimantan Barat, UT Pontianak menggandeng KPI untuk memotret operasional yang telah dilaksanakan. KPI melakukan audit operasional pada tanggal 22-26 April 2024 yang dapat mengingatkan pentingnya pengendalian internal dalam suatu organisasi.

Audit operasional dibuka dengan entry meeting oleh Direktur UT Pontianak Bapak Yudi Efendi, S.S., M.A. yang dilanjutkan kegiatan pemeriksaan kas, pemeriksaan dokumen, dan peninjauan lapangan. Hari ketiga dan ke empat dilanjutkan dengan konfirmasi, penyusunan draft kertas data audit, serta meminta tanggapan pihak UT Daerah sebagai auditi. Rangkaian kegiatan audit ditutup exit meeting di hari terakhir yaitu pemaparan praktik baik, kertas data audit, dan foto bersama. UT Pontianak sangat kooperatif selama kegiatan audit berlangsung.


 

Penulis                   : Aisyah Nabilah Andinnari, S.Ars.

Penyunting            : Bahir Mukhammad, S.H.

Aisyah Nabilah Andinnari

Auditor pada Kantor Pengawas Internal