Jabatan Fungsional Auditor Dan Pengawasan Di Era PTN-BH, KPI Lakukan Studi Banding Ke UGM

Universitas Terbuka sebagai pelopor pendidikan tinggi jarak jauh di Indonesia secara resmi mendapatkan status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) pada tanggal 20 Oktober 2022 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Berbadan Hukum Universitas Terbuka.

Perubahan status ini tentunya memiliki dampak yang signifikan kepada Universitas Terbuka, khususnya dari sisi pengelolaan sumber daya manusia. Sebagai bentuk kemandirian dalam pengelolaan sumber daya manusia, Universtas Terbuka harus merancang pengelolaan jabatan untuk menampung kebutuhan pengembangan karier dan profesi setiap pegawai.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kantor Pengawas Internal yang memiliki peran yang sangat penting guna membantu mewujudkan sistem pengendalian internal dengan menjalankan fungsi pengawasan dan berperan sebagai strategic partners mengambil langkah inisiatif untuk melaksanakan studi banding di Kantor Audit Internal Universitas Gadjah Mada dalam rangka mengelola jabatan fungsional auditor.

Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah sebagai bahan evaluasi ataupun pengembangan untuk membentuk jabatan fungsional auditor yang terdapat di Universitas Terbuka setelah menjadi PTN-BH khususnya di Kantor Pengawas Internal serta praktik pengawasan di era PTN-BH

Dengan diketuai oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum, tim dari Universitas Terbuka ditemui oleh Para Pimpinan dari Universitas Gadjah Mada yaitu Wakil Rektor dan Ketua Kantor Audit Internal Universitas Gadjah Mada beserta jajaran. Adapun pemilihan Kantor Audit Internal Univesitas Gadjah Mada adalah karena keberhasilan dalam menghadirkan peraturan internal di lingkup universitas yang mengatur tentang jabatan fungsional auditor serta pengalaman melakukan pengawasan di era PTN-BH.

Bertempat di gedung bersejarah di Indonesia, Gedung Pusat (KPTU) Universitas Gadjah Mada, pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2023  diharapkan dapat meletakkan sejarah baru bagi perjalanan kelembagaan jabatan fungsional auditor dan pengawasan internal di PTN-BH Universitas Terbuka.

 

Penulis           : Andhinur Anugriawan
Penyunting  : Bahir Mukhammad

Andhinur Anugriawan

Auditor pada Kantor Pengawas Internal