Dukung Transisi UT PTN-BH, KPI UT dan PSDM UT Studi Banding Jabatan Fungsional ke BPI UNAIR dan Direktorat SDM UNAIR

Universitas Terbuka (UT) sebagai PTJJ relatif baru saja menjadi PTN-BH melakukan banyak perubahan. Perubahan tersebut memerlukan perubahan struktur kepegawaian yang mengikuti kebutuhan operasional UT sebagai PTN-BH. Bentuk perubahan pada kepegawaian dilakukan dengan adaptasi pada struktur kepegawaian pada PTN-BH di Universitas lain. Berangkat dari kebutuhan ini, Ketua Kantor Pengawas Internal (KPI) UT beserta segenap pegawainya yang terbagi dalam tiga tim melakukan studi banding ke tiga universitas PTN-BH, yaitu UGM, Unair, dan ITB.

Studi banding ke Unair dilakukan pada tanggal 15 Juni 2023 di Gd. Kahuripan, Kampus C Unair. Pada kesempatan ini, KPI turut dibersamai oleh Kepala beserta Manajer Pengelola SDM dari Pusat Sumber Daya Manusia (PSDM) UT. Pertemuan ini turut dihadiri oleh Direktur UT Surabaya, Ibu Dr. Suparti, M.Pd. Tujuan studi banding ini adalah untuk mempelajari proses pembentukan Jabatan Fungsional Auditor, peran jabatan fungsional auditor, kebijakan audit internal, serta praktik pengawasan pada Badan Pengawas Internal (BPI) Unair.

Pertemuan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama, yaitu sesi sharing umum yang diisi oleh BPI Unair dan Direktorat Sumber Daya Manusia (DSDM) Unair. Sedangkan pada sesi kedua merupakan sesi diskusi terpisah antar unit terkait: BPI Unair dengan KPI UT, serta DSDM Unair dan PSDM UT.

Sesi sharing diawali dengan sambutan oleh Ketua BPI Unair, yaitu Ibu Dr. Hamidah., Dra., M.,Si., Ak., CRMO., QGIA., pada kesempatan ini, beliau menyampaikan bahwa proses pengawasan internal dalam Unair merupakan prioritas Rektor, sehingga harapannya kualitas akan terus meningkat sejalan dengan pengawasannya. Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Ketua KPI-UT, Bapak Dr. Hendrian, S.E., M.Si. yang menyampaikan tujuan studi banding serta memberikan selayang pandang tentang proses pengawasan yang dilakukan secara internal maupun eksternal di UT.

Dalam sesi sharing ini, BPI Unair dan KPI UT juga mendiskusikan perubahan paradigma yang sudah berangsur bergeser agar auditi merasa semakin terbuka untuk melakukan konsultasi terhadap pengawas internal.

 

Penulis            : Anindita Arifah Sekarsonya, S.Ars.

Penyunting    : Bahir Mukhammad, S.H.

Anindita Arifah Sekarsonya

Auditor pada Kantor Pengawas Internal