Berbagi Pengalaman, KPI Universitas Terbuka Sambangi SPI Institut Teknologi Bandung

Kantor Pengawas Internal (KPI) Universitas Terbuka sambangi Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam kegiatan studi banding dengan Satuan Pengawas Internal (SPI) ITB. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 21 Juni 2023 di Gedung CCAR Rektorat ITB. KPI UT disambut oleh Ketua SPI ITB beserta jajarannya yaitu Sekretaris Bidang Keuangan, Sekretaris Bidang Non-Keuangan, dan Kepala Sekretariat.

Tim studi banding ITB terdiri atas 6 anggota dari unit KPI dan di dampingi oleh 1 anggota Staff Ahli Wakil Rektor 2. Kegiatan ini sebagai sarana bertukar informasi dan pengalaman terkait pelaksanaan pengawasan di PTN. Agenda utama yang menjadi pembahasan adalah Jabatan Fungsional Auditor (JFA) dan Praktik Pengawasan SPI di era Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Acara diawali dengan pemaparan oleh Ketua SPI ITB Prof. Hendra Gunawan, Ph.D. tentang program pengawasan yang berlaku di SPI ITB untuk program jangka panjang maupun jangka pendek. Selanjutnya terdapat paparan dari Supervisor Bidang Keuangan SPI ITB Bapak Ade Didi Kuswono, S.E tentang aplikasi Sistem Informasi Pendukung Evaluasi, Reviu, Monitoring, Audit Internal (SIPERMAI) ITB yang dapat mewadahi seluruh kegiatan pengawasan SPI.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara KPI UT dengan SPI ITB tentang kegiatan pengawasan di era PTN-BH. SPI ITB memberikan strategi untuk KPI UT dalam melakukan pengawasan dengan membuat program kerja pengawasan jangka panjang 5 tahun yang menyesuaikan Rencana Strategis(Renstra) agar semua bidang dari tujuan organisasi PTN dapat dikawal dengan baik oleh unit pengawas.

Di penghujung acara, pihak ITB maupun UT saling bertukar cinderamata, diikuti dengan foto berrsama. Besar harapan kegiatan ini dapat memberi manfaat yang dapat diterapkan oleh kedua belah pihak.

 

Penulis        : Aisyah Nabilah Andinnari, S.Ars

Penyunting  : Bahir Mukhammad, S.H.

Aisyah Nabilah Andinnari

Auditor pada Kantor Pengawas Internal